GREGETNYA READING CHALLENGE-ODOP 2

Reading Challenge Odop (RCO-2), kini memasuki tahap akhir. Ada lima tahap keseluruhannya. Tanpa terasa masa enam puluh hari mendekati garis penamat. Tinggal beberapa hari saja lagi tantangan ini pun akan berakhir. Sebagai bagian dari syarat kelulusan di tahap terakhir ini, semua peserta yang lolos ke tahap ini, diwajibkan menuliskan kesan-kesan tentang perjalanan selama mengikuti tantangan di program ini.

contoh paparan tantangan
yang diberikan di grup WA RCO2
Awal mula aku tertarik mengikuti program ini, lagi-lagi gara-gara postingan Dewi DeAn di FB. Dewi selalu sharing tentang buku-buku yang dibacanya di sana, saat mengikuti challenge tersebut. Waktu melihatnya, aku langsung berniat ingin mengikutinya satu hari nanti, walaupun belum bergabung dengan Komunitas ODOP lagi. Pada akhirnya setelah bergabung dengan Odop dan Reading Challenge itu kembali diadakan, tanpa rasa ragu, aku langsung mendaftar, padahal sama sekali tidak tahu bagaimana tantangannya. Pokoknya ikuuut sajalah, bagaimana prosesnya, nanti aja dipikirkan. Yang penting daftar dulu. Tujuanku cuma satu saat itu, mengembalikan kebiasaan membacaku, yang sedikit aku tinggalkan. Hanya buku-buku craft yang menarik perhatianku selama itu. Kadang-kadang membaca buku-buku motivasi, tapi seringnya tidak habis kubaca. Nah, menurutku inilah salah satu program yang sangat cocok kuikuti untuk membiasakan diri kembali membaca segala jenis buku.

Akhirnya, satu demi satu tahap tantangan telah berhasil kulewati. Di tantangan pertama, agak deg-degan, karena rasa khawatir tidak bisa memenuhi tantangan yang ditetapkan. Di samping itu, bimbang tidak punya koleksi buku yang diwajibkan untuk dibaca. Ternyata kekhawatiranku itu tidak berarti. Tujuan RCO diadakan adalah agar peserta bisa menjadikan membaca satu kebiasaan atau habit baru yang positif. Jadi, dalam pelaksanaannya tidak ada unsur-unsur yang memberatkan. Tapi, tetap ada konsekuensinya, apabila tidak berhasil mengikuti peraturan yang telah ditetapkan di setiap tahap. Konsekuensi sangat diperlukan saat mengikuti program begini. Jika tidak bisa mengikutinya, maka kegagalanlah yang berada di depan mata.

Buku yang dibaca tidak selalu dalam bentuk fisik. E-book pun bisa dijadikan alternatif untuk dibaca dalam tantangan ini. Bagiku ini sangat membantu menyelesaikan tantangan dengan baik. Karena selama berlangsungnya program, aku berada di beberapa tempat, sementara koleksi buku ada di rumah. Jadi, solusi terbaik adalah mendownload buku elektronik dari internet. Gara-gara mengikuti RCO, aku jadi punya kegemaran baru mencari buku-buku untuk diunduh dan disimpan, yang akan dibaca kemudian. Aku jadi pintar mencari berbagai jenis buku yang diinginkan.

Satu kesan dan manfaat lain yang aku dapat selama mengikuti challenge ini adalah kembalinya minatku untuk membaca. Sekarang aku bisa membaca di mana saja. Hanya saat mobil berjalan yang masih belum terbiasa. Padahal banyak waktu yang tersedia pada saat demikian. Mudah-mudahan ke depannya aku menjadi lebih terbiasa. Saat ini aku mulai menyukai lagi buku-buku fiksi, yang saat remaja sangat aku gandrungi. Tapi, setelah dewasa menjadi agak malas membacanya, karena lebih tertarik untuk dengan buku-buku non fiksi.

Selama hampir dua bulan mengikuti program, lebih sepuluh buku telah kubaca. Buku fisik ataupun e-book.  Kalau tanpa tantangan dengan kondisi saat ini, pasti sulit akan kulakukan, RCO memang telah memberi pengaruh yang sangat baik pada minatku membaca. Membaca adalah salah satu kunci utama agar tulisan yang kita tulis lebih berbobot. Membaca dan menulis adalah dua karib yang tidak bisa dipisahkan,

Membaca aneka buku dengan berbagai tema sudah tidak menjadi momok lagi bagiku. Bahkan buku berbahasa asing pun sudah mulai kucoba lebih akrabi. Berharap setelah challenge ini selesai, kebiasaan membaca sudah kembali mendarah daging padaku.

Terima kasih kepada semua PJ program RCO2. Yang sudah dengan sabar membimbing kita menyelesaikan tantangan demi tantangan. Selalu memberi bantuan dengan berbagai e-book bahan bacaan sesuai tema yang diwajibkan untuk dibaca, sehingga aku tidak pernah kebingungan mencari buku yang perlu dibaca.

Diharapkan program ini bisa terus dilanjutkan dengan tantangan yang lebih hebat lagi. Kalau perlu dibuatkan satu tantangan khusus bagi yang sudah lulus di setiap RCO, dan digabungkan dalam satu grup lain. Tantangan tentunya harus lebih advance dan bisa membuat debaran lebih dahsyat. Untuk memberi lebih semangat, perlu dicari sponsor untuk memberikan bingkisan berkaitan dunia literasi untuk yang berhasil dalam setiap tantanga. Pasti challenge akan lebih seru.

#odop4
#nonfiksi
#rco2
#kesan
#30harimenulis

#hari7

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

SUNGAI CHINCHIN, KAMPUNG DI PINGGIR BANDAR

INFINITY

FENOMENA BEBEK SINJAY: Bangkalan vs Pandan Indah