BELAJAR SECARA ONLINE

Image result for grup online
Sumber Gambar dari Google Image
Zaman sudah begitu berubah saat ini. Dulu, sebelum era digital dan internet seperti sekarang, yang namanya belajar adalah bertatap muka langsung antara murid dan guru. Belajarnya pun di dalam ruangan khusus yang dilengkapi kursi dan meja. Jadwalnya teratur dari jam berapa ke jam berapa. Berinteraksi dengan guru hanya dilakukan pada jam-jam tersebut. Apa yang terjadi saat ini?

Di masa ini, apa saja bisa dipelajari di alam maya. Kelas ada di sebuah perangkat kecil, yang dipanggil handphone. Dari yang biasa-biasa saja sampai yang luar biasa smart-nya. Sehingga dia ditambah julukannya menjadi smartphone. Dengan kelajuan internet yang semakin cepat hari ke hari, maka kelas-kelas maya pun semakin berkembang, bagai jamur di musim hujan.

Kelas yang dilakukan secara online, memiliki banyak kelebihan juga dibandingkan kelas offline. Kelas tidak memerlukan ruangan tertentu, sehingga tidak perlu menyewa ruangan atau tempat. Karena sebab itu, biaya sebuah kelas bisa dibayar murah atau bahkan gratis. Waktu yang digunakan lebih fleksibel. Jika tidak dapat mengikutinya pada waktu yang telah ditetapkan, maka kita dapat membaca selepas itu semua chat yang terjadi dalam kelas, sesuai dengan waktu yang kita ada. Walaupun ada sebagian grup yang menetapkan jam-jam tertentu saja untuk melakukan perbincangan di grup. Tapi, ketetapan waktu tersebut masih lebih luwes jika dibandingkan dengan kelas yang dilakukan dengan tatap muka langsung. Jika kelas langsung, maka hanya pada saat kelas saja diskusi bisa diadakan. Selebihnya kita harus membawa pertanyaan-pertanyaan yang timbul saat kita mempelajari ulang, keesokan harinya atau mungkin jauh lebih lama, menunggu kelas berikutnya.

Menjamurnya grup-grup online di berbagai media sosial yang ada saat ini, sudah seharusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan disalahgunakan sehingga memberi kemudaratan kepada kita sendiri. Sebaiknya pilih grup-grup yang memang kita tahu dan yakin ada manfaat yang bisa didapatkan di dalamnya. Pilih grup-grup yang sesuai dengan minat yang kita ada dan tujuan yang sesuai dengan hasrat.. Dengan demikian tidak akan menjadi pekerjaan yang sia-sia. Semua pilihan ada di tangan kita masing-masing. Ingin mencari manfaat dan ilmu atau hanya sekedar kumpul-kumpul, tanpa memberi manfaat apa pun. Semoga kita terlindung dari kerja yang tidak berfaedah.

#30harimenulis
#hari4
#onedayonepost
#bebas

Comments

Popular posts from this blog

SUNGAI CHINCHIN, KAMPUNG DI PINGGIR BANDAR

INFINITY

FENOMENA BEBEK SINJAY: Bangkalan vs Pandan Indah