RESOLUSI CITA-CITA 2018


Suasana pagi menjelang siang di
Pantai Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh 

Cita-cita adalah apa yang menjadi harapan yang diharapkan terwujud dalam jangka waktu yang ditetapkan. Apa yang menjadi cita-cita saya tahun depan ya? Cita-cita yang dideretkan saat ini jelas berbeda dengan cita-cita yang sering saya tulis di waktu kecil. Tapi, intinya banyak yang ingin dicapai tahun mendatang. Yang pasti, saya berharap agar terjadi peningkatan kedewasaan mental dan prilaku dalam kehidupan mendatang.

Untuk tahun depan, cita-cita yang ingin saya capai adalah kesinambungan dari apa yang menjadi harapan tahun ini yang belum terlaksana dengan baik. Untuk bidang penulisan yang baru intens saya lakukan dua tahun belakangan ini, ada beberapa target yang ingin digapai. Diantaranya adalah menerbitkan buku solo. Tahun ini, satu buku antologi sudah di tangan, dua lagi masih digodok di penerbitan. Peningkatan yang cukup bagus dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya satu buku antologi. Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi buku antologi yang akan diterbitkan yang menyertakan tulisan saya di dalamnya.

Menerbitkan buku solo menjadi target terbesar saya tahun depan. Tema yang akan ditulis sudah berada dalam catatan, tinggal mencari bahan dan menyusunnya menjadi buku yang layak dibaca dan dimiliki. Untuk satu ini mentor menulis saya sangat berbaik hati terus menerus mengingatkan menyelesaikannya. Semoga saya diberi kekuatan yang cukup untuk mewujudkannya nanti.

Satu bidang lagi yang terus saya tekuni walaupun tidak mendatangkan materi dalam jumlah yang banyak seperti teman-teman yang lain, yaitu bidang ketrampilan. Cita-cita di bidang ini adalah lebih intensif mengadakan kelas-kelas ketrampilan, baik online maupun offline. Tahun lalu, sudah banyak perkembangan untuk ini, tapi agak tertahan beberapa bulan terakhir. Saya berkeinginan menjadikannya lebih teratur dan sistematis tahun depan.

Di samping itu, saya akan membuat beberapa produk kreasi sendiri sebagai stok. Mencoba juga mengikuti bazar-bazar untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan. Tahun depan adalah tahun kerja keras untuk meletakkan hasil kreasi yang saya buat pada satu tahap tertentu yang mudah-mudahan memuaskan diri, sesuai target yang diimpikan. Harus lebih berani memperkenalkan produk-produk yang saya buat.

Menggandengkan keduanya, menulis dan mengkreasikan produk-produk ketrampilan yang dikerjakan adalah impian dan harapan yang ingin juga saya capai tahun depan dan tahun-tahun berikutnya. Salah satunya adalah dengan lebih banyak lagi mengisi blog ketrampilan yang saya miliki dengan menulis tutorial yang praktis dan mudah diikuti. Semoga saya bisa lebih konsisten untuk itu. Jadwal yang teratur perlu saya buat, untuk mewujudkan semuanya sesuai target.

Target berikutnya adalah membukukan beberapa tutorial ketrampilan yang saya kuasai. Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, bahwa ini adalah target terbesar yang harus saya capai tahun depan. Buku solo yang ingin saya wujudkan, salah satunya adalah buku solo di bidang ketrampilan. Menulis tutorial adalah salah satu pekerjaan menyenangkan, walaupun tidak mudah dilakukan. Saya pribadi sangat menikmatinya. Menyiapkan teks yang akan mengiringi foto-foto yang telah disediakan, menyusunnya dalam satu rangkaian kalimat yang mudah dipahami, adalah pekerjaan yang tidak sedikit, tapi sangat saya sukai. Banyak tutorial yang sudah saya persiapkan dan foto-fotonya juga sudah tersimpan baik di file. Semoga tahun depan bisa menjadi kebangkitan bagi saya untuk rutin menulis di blog ketrampilan yang saya miliki sejak lama.

Resolusi cita-cita yang ingin saya wujudkan tahun depan bukan hanya seperti apa yang saya ceritakan di atas. Masih banyak deretan cita-cita lain yang ingin saya wujudkan. Terutama adalah bisa menjadi seorang anak, istri, ibu, kakak yang baik bagi orang-orang yang disayangi. Menjadi pribadi yang terus bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang disukai kawan atau lawan. Semoga Allah terus menyertai langkah saya ke depan.


#onedayonepost
#nonfiksi
#resolusi2018



  





  

Comments

Popular posts from this blog

SUNGAI CHINCHIN, KAMPUNG DI PINGGIR BANDAR

INFINITY

FENOMENA BEBEK SINJAY: Bangkalan vs Pandan Indah