WHAT'S NEXT....

Kemarin malam, Sabtu, 2 Desember 2017, adalah hari terakhir waktu perpanjangan yang diberikan PJ untuk menyelesaikan tantangan akhir dalam program ODOP4. Tantangan yang aku rasa paling berat diantara tantangan yang lain. Tantangan membuat cerita bersambung, 12 episode. Wuiiih, lap keringat deh pokoknya. 

Aku yang terbiasa menulis non fiksi, dipaksa untuk menyiapkan fiksi, yang tidak tanggung-tanggung, satu episode per hari selama dua belas hari. Aku, tidak mampu menyelesaikannya pada waktu yang telah ditetapkan. Molor sampai ke perpanjangan waktu. Apapun ceritanya, alhamdulillah, syukur yang tidak terhingga berhasil melewati semua tantangan yang diberikan dengan sukses. Walaupun masih jauuuuh dari sempurna. 

Postingan link tantangan terakhir di grup Share Link Odop

Daaan, malam ini, Minggu, 3 Desember 2017, pengumuman kelulusan Odop4 diumumkan. Sekali lagi bersyukur tidak terhingga, aku dinyatakan L U L U S...!!


Ada namaku di situuuu....alhamdulillah


Perjuangan selama 2.5 bulan, melatih diri untuk rutin posting satu tulisan di blog, akhirnya terbayar dengan pengumuman kelulusan di grup utama Odop4. Satu tahap sudah terselesaikan, dan siap- siap menunggu tahap berikutnya. 

Odop4 memang memberikan pengaruh positif padaku. Aku berusaha untuk setor tulisan setiap hari. Beberapa kali juga aku tidak mampu setor link pada hari yang ditentukan, tapi aku segera menggantikan pada hari berikutnya. Komitmen untuk bisa lulus, memaksa aku patuh dengan aturan yang telah ditetapkan. Walaupun deg deg-an di awal, tapi menjadi terbiasa hari ke hari. Postingan setiap hari tidak menjadi ketakutan lagi. Bersyukur bisa tergabung di grup ini. Blog pribadi yang lama tidak terisi, kini mulai terisi hari ke hari. Semoga aku bisa terus rutin mengisinya hari ke hari. Karena, memang banyak sekali yang ingin kutulis dan kubagi dengan semua. 

Menulis adalah makanan jiwaku. Aku tidak peduli apakah tulisanku akan dibaca orang lain atau tidak. Yang kuyakini bahwa setiap tulisan akan menemukan jodohnya masing-masing. Jadi, aku tidak akan pernah berhenti menulis.

Terima kasih kepada semua yang menjadi PJ di Odop4, Bang Syaiha, founder ODOP, Kang Heru, ketua ODOP, Kang Fery, Dewi, Mbak Sakifah, diantara PJ di grup Bawang Merah yang superb. Terima kasih untuk bimbingannya selama ini. Terima kasih juga buat members grup Bawang Merah, yang selalu saling support untuk keberhasilan semua. Tak sia-sia kompor kita, 15 orang lolos menuju tahap berikutnya. Selamat buat kita semua. Semoga kita satu grup lagi di pilihan mendatang.

Tahap berikutnya adalah menentukan pilihan berdasarkan kecenderungan, minat dan keyakinan masing-masing untuk memilih jenis tulisan apa yang akan didalami. Aku sudah yakin dengan pilihanku dan semoga pilihan yang tepat. Tidak sabar rasanya untuk segera memasuki tahap berikutnya. Karena aku yakin akan ada ilmu-ilmu baru yang kudapat. Sama halnya dengan tahap pertama, yang telah menyegarkan kembali pengetahuanku tentang berbagai hal yang berkaitan dengan menulis lebih baik. Amiiin...!!



Comments

Popular posts from this blog

SUNGAI CHINCHIN, KAMPUNG DI PINGGIR BANDAR

INFINITY

FENOMENA BEBEK SINJAY: Bangkalan vs Pandan Indah