SEHAT LAHIR BATIN-Resolusiku di 2018



KL Fun Run-November 2017
photo by: Liana Mior

Sehat, menurut KBBI diartikan sebagai baik seluruh badan serta bagian-bagiannya (bebas dari sakit); waras; mendatangkan kebaikan pada badan; sembuh dari sakit; baik dan normal (tentang pikiran); boleh dipercaya atau masuk akal (tentang pendapat, usul, alasan, dan sebagainya); berjalan dengan baik atau sebagaimana mestinya (tentang keadaan keuangan, ekonomi, dan sebagainya); dijalankan dengan hati-hati dan baik-baik (tentang politik dan sebagainya). Lahir yang dimaksudkan di sini adalah sesuatu yang kelihatan; keduniaan; jasmani. Batin pula adalah sesuatu yang terdapat di dalam hati; sesuatu yang menyangkut jiwa. Resolusi sendiri diartikan sebagai putusan atau kebulatan pendapat.

Jadi resolusi yang ingin saya capai dan menjadi target utama di tahun 2018 nanti adalah kebaikan jasmani dan rohani. Gimana caranya ya? Hmmm…., apa saja yang menjadi target saya untuk sehat lahir batin tahun depan ya?

Target utama untuk sehat tahun depan bagi saya adalah menurunkan berat badan. Ini adalah resolusi terbesar yang sering kali gagal dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Saya jadikan ini tekad yang harus tercapai tahun depan. Berat badan yang terus bertambah, dengan ketinggian yang tidak akan bertambah lagi, menyebabkan berat dengan ketinggian sudah tidak proporsional. Tumit dan pinggang juga mulai terasa sakit jika digerakkan secara paksa dan tiba-tiba. Saya perlu lakukan sesuatu agar keadaan tidak bertambah parah dan mempengaruhi sistem tubuh yang lain.

Apa yang harus saya lakukan untuk mengantisipasinya? Hal pertama yang akan saya lakukan adalah mengatur pola makan. Mengurangi konsumsi karbohidrat, memperbanyak memakan raw food, mengkonsumsi jus lebih banyak dan rutin, adalah diantara yang akan menjadi perhatian saya ke depan. Karena selama ini saya masih kurang memperhatikan semua yang disebut sebelumnya.

Mengiringi pengaturan pola makan, saya juga harus mulai aktif melakukan olah raga rutin. Tidak perlu olah raga dengan biaya yang mahal. Cukup jogging sekeliling perumahan dan melakukan gerakan-gerakan ringan untuk menyegarkan tubuh di dalam rumah. Saya harus mengatur jadwal tetap untuk ini. Seminggu dua kali pun saya rasa sudah cukup untuk memulai. Memperbanyak kerja fisikal di rumah juga merupakan salah satu usaha yang perlu saya lebihkan tahun depan. Misalnya mengatur ulang kembali bunga-bunga di teras rumah. Disamping itu mengemas dan mengatur rumah lebih kerap, juga adalah salah satu usaha yang akan saya prioritaskan untuk menjadi lebih sehat lahir batin di tahun mendatang. Yang penting, harus lebih banyak keringat yang dikeluarkan untuk sehat. Sebenarnya untuk sehat  tidak perlu modal yang banyak.  Hanya perlu tekad dan semangat kuat untuk meraihnya dengan cara yang sehat juga.

Penurunan berat badan yang saya inginkan bukanlah yang drastik, tapi yang perlahan tapi pasti dan bertahan. Sasaran berat yang diinginkan juga tidak terlalu muluk, cukup untuk mengurangkan ukuran baju menjadi 2-3 kali lebih kecil dari sebelum ini. Dari XL menjadi L atau M. Target ini akan sulit tercapai kalau saya tidak disiplin melakukannya. Jadi, sangat bagus upaya menuliskan resolusi sehat ini menjadi postingan di blog. Tujuannya agar saya ingat dengan resolusi yang ingin saya capai dalam upaya menurunkan berat badan. Mudah-mudahan saya punya rasa malu, jika resolusi ini tidak saya lakukan dan tidak tercapai tahun depan. Semoga resolusi besar untuk sehat jasmani, bisa tercapai dengan beberapa cara di atas.

Untuk meraih sehat secara batin, rohaniah, saya akan lebih memperbanyak lagi membaca dan mengkaji Alquran. Saya berniat untuk mengikuti kelas-kelas pengajian agama di masjid lebih sering. Selain untuk memperdalam pemahaman beragama, tapi juga bisa memperluas silaturahmi dengan sesama. Yang lebih penting lagi adalah melatih diri untuk lebih berpikiran positif dalam melihat dan menilai sesuatu. Latihan ini perlu dilakukan terus menerus, agar menjadi satu kebiasaan nantinya. Sebelum ini, saya mencobanya dengan tidak pernah bereaksi apabila ada postingan-postingan negatif, hasutan, kemarahan dan kebencian di FB. Alhamdulillah timeline FB saya bersih dari postingan teman-teman yang sering berisi hal-hal begitu. Saya harus lebih meningkatkan upaya ini, agar menjadi lebih positif tahun-tahun mendatang.

Demikian beberapa resolusi menuju sehat lahir batin yang menjadi sasaran perbaikan dan tujuan saya tahun depan. Semoga semuanya mampu saya lakukan dengan baik dan apa yang menjadi harapan bisa tercapai dengan mulus. Saya ingin hidup lebih lama dan berumur panjang. Saya ingin menyayangi lebih ramai lagi orang-orang yang butuh kasih dan saying, terutama anak-anak. Sebagai langkah pertama adalah dengan menyayangi diri sendiri terlebih dahulu, sehingga saya punya kekuatan untuk menyayangi orang lain setelah itu. Menyayangi diri sendiri yang perlu saya lakukan adalah dengan memiliki tubuh yang sehat lahir dan batin, jiwa dan rohani. Semoga saya mampu mencapainya.

#onedayonepost
#nonfiksi
#resolusi2018











Comments

  1. Hayuk mbak Fathanah..kita sama-sama turunkan berat badan 😂

    ReplyDelete
  2. Eh maaf..maksud saya mbak rayhana..haduh ini kenapa jadi salah ketik.. maafkan 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...no problem mbak...yuuuk...semangaaat...nurunin berat badannya...

      Delete
  3. Seimbang ya Mba,sehat lahir dan batinnya, semoga Mba Raiyhana dan saya bisa mewujudkannya, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiiin...insyaallah..berjuang sama-sama kita yaa..

      Delete
  4. Baca ini kayak baca resolusi diri saya sendiri kayaknya kita ada ikatan batin ya buk irai haha

    Semoga kita sehat2 aamiin

    ReplyDelete
  5. masyaAllah sehat lahir batin.
    Semga terwujud...
    Saya ngikut juga y Bu dlm perbaikan batin.
    Thanks sharingnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SUNGAI CHINCHIN, KAMPUNG DI PINGGIR BANDAR

INFINITY

FENOMENA BEBEK SINJAY: Bangkalan vs Pandan Indah