IDEEEE.....DATANGLAH...!!!



Aduuuuh, sudah lebih sejam terpaku di depan laptop untuk menulis dan setor tulisan untuk hari ini. Tapi, masih belum ada ide menarik yang  bisa aku tuliskan. Akhirnya aku memilih cara yang sering disarankan di beberapa kursus penulisan yang aku ikuti. Saat otak buntu, tidak tahu apa yang akan dan perlu ditulis, maka tulis saja apa yang menyebabkan itu. Tulis yang tiada ide itu. Tulis saja, nanti akhirnya akan jadi sebuah tulisan.

Bismillah....
Aku memulai baris demi baris. Hujan di luar yang sudah berlangsung berjam-jam, semakin membuat rasa malasku berada di puncak paling tinggi. Badan dan otak inginnya hanya satu, berbaring dan tiduuuur...!! Seketika aku teringat, saat mengikuti kursus Hypnotherapy bersama Pak Vicky beberapa waktu lalu. Kalau pikiran-pikiran negatif datang dan menghalang kita mengerjakan sesuatu yang harus kita lakukan, misalnya mengantuk, maka bangun, berdiri, pindah melakukan kerja yang lain. Lakukan kerja yang bisa menghilangkan keinginan otak untuk tidur. Beberapa kali proses ini aku lakukan dan berhasil. Aku mencobanya lagi sekarang, saat ini. Tekadnya cuma satu....tulisan ini harus jadi sesuatu yang bisa mengisi blogku hari ini.

Azan Isya sudah pun terdengar dari surau dekat rumah. Tulisan ini harus selesai cepat, sebelum aku bergerak untuk mendirikan salat. Adrenalin mulai terpacu. Harus selesai. Banyak kerja lain yang harus aku siapkan malam ini. Menyiapkan sayuran yang akan kumasak esok pagi untuk pertemuan bulanan komuniti penulis yang aku ikuti. Menyiapkan jahitan yang deadlinenya, walau masih lama, tapi kerjanya tidak bisa disiapkan hanya dalam satu malam. Perlu waktu untuk menyiapkannya tepat waktu. Beberapa deadline setoran tulisan untuk grup juga harus aku selesaikan segera.  Salah satunya tulisan untuk ikut serta dalam buku antologi Indonesia-Malaysia, yang jumlah halamannya lebih banyak daripada tulisan-tulisan yang aku tulis untuk antologi sebelum ini. Kerangka sudah kubuat, dan harapanku dapat membantu menyelesaikannya lebih mudah nanti. Waktu akhir setornya hanya tinggal lima hari lagi. Aduuuuh....! Satu lagi yang batas setor akhirnya sama adalah tulisan untuk antologi Perempuan Menulis. Waduuuh...!! Adrenalin sudah sampai ke puncak. Tidak bisa berlambat-lambat lagi. Harus cepat mengalahkan rasa malas dan berlengah-lengah. Jika aku tidak melawannya, aku yakin semua tidak akan selesai sesuai dengan waktu yang diinginkan. 

Beberapa hari lagi, aku  akan mengikuti kelas online penulisan dengan seorang penulis yang juga temanku. Sasarannya juga untuk menerbitkan sebuah antologi. Sebelumnya akan diadakan kursus selama sebulan. Waaaah, berderet kerjaan yang harus aku selesaikan. Kalau aku terus melayani rasa malas yang datang, kapan semua itu akan selesai. Lebih kurang dua minggu lagi, aku akan pulang kampung. Rumah harus dibersihkan dan disiapkan untuk ditinggal lama. Ya Allah, kuatkan aku, berikan aku kekuatan untuk menyelesaikan semua dengan sebaik-baiknya.

Sederet panjang kerja yang harus segera diselesaikan one by one, harus dimulai hari ini, saat ini juga. Akhirnya, satu selesai. Yaa, tulisan untuk setoran ODOP hari ini selesaaaai. Walaupun isinya hanya curhatku yang tidak ada ide menarik untuk ditulisa hari ini. Ternyata berhasil, dari tidak ada ide menjadi sebuah ide untuk ditulis. Terima kasih Tuhaaaan...alhamdulillah. Mau Isya duluuuu...sebelumnya publish dulu yang ini...!

Comments

Popular posts from this blog

SUNGAI CHINCHIN, KAMPUNG DI PINGGIR BANDAR

INFINITY

FENOMENA BEBEK SINJAY: Bangkalan vs Pandan Indah