SAAT WHATSAPP ERROR SEDUNIA

Hari ini, 3 November 2017, jagad maya heboh. Mengapa? Aplikasi chat dan call free, WhatsApp (WA) error...! Kejadian yang berlangsung lebih setengah jam itu, menggemparkan dunia. Menurut kabar, hampir seluruh dunia mengalami hal yang sama. WA tidak dapat mengirimkan pesanan, apalagi membuat panggilan.

Saya sendiri tidak menyadari WA sedang down, petang tadi. Karena sedang menyelesaikan kerja, maka handphone jarang dipegang. Suasana terasa agak sunyi, karena tidak terdengar notification pesanan masuk. Tapi, lagi-lagi karena sedang mengejar menyelesaikan kerja yang lain, keadaan tersebut tidak dipedulikan, malah terasa lebih tenang untuk menyelesaikannya. Sampai saat kerja sedikit selesai, tergoda untuk melirik hape. Niatnya ingin mengirim pesan ke anak yang sedang outstation ke Pulau Pinang. Di layar terlihat tanda kotak kecil, menandakan pesan tidak terkirim. Eh, kenapa ni?

Saya mencoba mengirim pesanan ke beberapa grup, pesanan tetap tidak terkirim. Ada apa ini? Saya mulai cek koneksi wifi yang ada. Aplikasi BBM yang ada di handphone, statusnya connected. Berarti tidak ada masalah dengan jaringan internet. Mencoba menganti wifi dengan data handphone, tetap sama. Bolak-balik wifi saya on-off-kan, masih sama kondisinya. Akhirnya, saya biarkan saja, sampai kemudian iseng memeriksa facebook. Ah, FB masih bisa diakses, tidak ada kendala apapun. Semakin yakin kalau ini bukan masalah jaringan internet. Tidak berapa lama mengakses FB, tiba-tiba ada notif pesan masuk di WA. Langsung dicek, alhamdulillah, WA sudah aktif kembali. Pesanan masuk berturut-turut. Suasana sunyi hilang.

Gambar: Google


Belum ada penjelasan resmi dari WhatsApp tentang penyebabnya. Kejadian sama pernah terjadi beberapa kali tahun ini. Salah satu penyebab yang diterangkan adalah dikarenakan banyaknya orang yang meggunakan aplikasi tersebut, sehingga server tidak mampu menampungnya.




Jagad maya seluruh dunia heboh dengan kejadian tersebut. Begitu bergantungnya manusia zaman now dengan aplikasi tersebut. Seolah-olah dunia terhenti sejenak karenanya. Semua resah tidak dapat chatting dengan pihak lain. Sungguh fenomenal sekali ribuan aplikasi yang diunduh pengguna di seluruh dunia, yang kononnya untuk membantu memudahkan kerja mereka, pada akhirnya tanpa disadari telah diperbudak olehnya. Semoga kita terus dilindungi-Nya.

Comments

Popular posts from this blog

SUNGAI CHINCHIN, KAMPUNG DI PINGGIR BANDAR

INFINITY

FENOMENA BEBEK SINJAY: Bangkalan vs Pandan Indah