DEEPAVALLI-PESTA CAHAYA

Kemeriahan menuju perayaan Deepavalli sudah mulai kelihatan beberapa minggu sebelum harinya. Supermarket dan pasaraya di seluruh Malaysia sudah mulai menghiasi interior dalam bangunannya dengan berbagai hiasan khas. Ini di antaranya, hiasan yang digantung di beberapa tempat di KLCC.



Menjelang hari perayaan, suara kembang api mulai bersahut-sahutan tepat jam 12 malam. Arah suaranya terpencar dari semua sudut.  Inilah uniknya tinggal di Malaysia. Setiap perayaan hari-hari besar agama atau kaum tertentu, maka tengah malam di saat esok hari-H, langit akan dihiasi oleh warna-warni dan kilatan kembang api bermacam bentuk dan desainnya. Keriuhan dan kemeriahan itu akan berlangsung lebih dari sepuluh menit. Semalam adalah malam pesta cahaya bagi penganut agama Hindu, yang umumnya adalah kaum India. Hari ini mereka merayakan Deepavalli (de-pa-wa-li). Biasanya mereka akan menghiasi rumah dengan pelita yang dijejer dalam barisan, sebagai lambang kemenangan kebaikan melawan kejahatan, serta meninggalkan kegelapan rohani.

Seperti umat beragama lain yang merayakan hari kebesarannya, umat beragama Hindu juga akan memakai pakaian baru, saling kunjung mengunjungi, menyediakan aneka manisan dan kue-kue khas masyarakat India. Aneka manisan khas dengan berbagai rasa dan warna akan terlihat dijajakan di banyak tempat di seputaran Kuala Lumpur. Saya pernah mencoba mencicipinya, saat diundang seorang teman berketurunan India ke rumahnya. Rasanya memang sangat manis dan agak tidak biasa untuk lidah, tapi tetap dihabiskan untuk menghormati mereka.

Salah satu keunikan lain dari perayaan Deepavalli adalah pembuatan kolam ( ko-lem), atau disebut juga rangoli. Kolam adalah desain dekoratif yang biasanya dibuat di lantai ruang keluarga. Merupakan hiasan terbuat dari serbuk beras, atau biji-bijian sereal, yang telah diberikan beraneka warna sesuai dengan desain yang akan dibuat. Penggunaan beras, baik yang halus atau kasar, dimaksudkan bagi mengundang burung-burung dan binatang kecil memakannya. Ini melambangkan keharmonisan kehidupan di alam, yang akan meningkatkan kemakmuran dan sekaligus pemujaan terhadap dewa Lakshmi. Desain biasanya berupa bentuk-bentuk geometris, burung merak dan bunga-bungaan.  Berikut beberapa contoh kolam yang sempat saya abadikan di beberapa tempat.








Di Malaysia, akan diadakan juga Rumah Terbuka Deepavalli, tingkat nasional. Biasanya akan dilaksanakan di tempat yang telah dipilih secara bergilir. Di program tersebut biasanya akan dihidangkan aneka jenis makanan kegemaran rakyat Malaysia. Jadi tidak hanya kaum India yang akan hadir, tapi semua kaum yang ada di sini, ikut serta memeriahkannya. Kebiasaan mengadakan rumah terbuka nasional begini diadakan untuk semua perayaan agama yang lain, yang ada di Malaysia. Sungguh menarik menyaksikannya. Semua bergembira memperingati kebersamaan tersebut. Keharmonisan hidup masyarakat tergambar dengan jelas. Tujuannya cuma satu yaitu untuk mencapai kemakmuran rakyat secara menyeluruh. Happy Deepavalli buat semua umat Hindu yang merayakannya.

Comments

Popular posts from this blog

SUNGAI CHINCHIN, KAMPUNG DI PINGGIR BANDAR

INFINITY

FENOMENA BEBEK SINJAY: Bangkalan vs Pandan Indah