MENJADI PEMIMPIN....



Tulisan ini tidak akan berisi prinsip-prinsip menjadi seorang pemimpin, seperti yang ditulis di buku-buku kepemimpinan. Tulisan ini hanya memaparkan pandangan dan pengalaman saya pribadi. Paparan tentang bagaimana beberapa pemimpin yang ada dan pernah ada di sekitar saya. Bukan untuk dihakimi, tapi hanya untuk dijadikan contoh dan pengajaran saja.

Ada beragam pemimpin yang saya pernah bekerja sama. Ada yang jenis "one man show", apa-apa semua dikerjakan sendiri. Tidak ada pendelegasian kerja sama sekali. Kalau pun ada, pada akhirnya dia akan selesaikan sendiri dan sama sekali tidak memperhitungkan apa yang anak buahnya telah kerjakan. Wuiiih...penat kerja dengan tipe pemimpin yang begini. Apalagi kalau anak buahnya adalah tipe yang bertanggung-jawab terhadap tugas yang telah diberikan. Hihihi...

Ada juga yang jenis kelabakan dan emosi meningkat naik, bila saat hari H program berjalan. Wuiih, kaget saya waktu pertama kali mengalami ini. Hahhaha. Bukankah seorang pemimpin itu harus tetap "cool" dan terkontrol sikap dan prilakunya? Selayaknya seorang pemimpin harus bisa memberikan ketenangan, keyakinan kepada anak buahnya untuk menjalankan tugas seperti yang telah disepakati. Terkadang anak buah hanya ingin "support", suntikan semangat agar dia mampu menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik. Bukan minta bos buat kerja dia. 

Satu tipe lain yang menarik untuk dikaji juga adalah, pemimpin yang tidak mau kerjanya dibantu orang lain. Menurut saya, ini bukan tipe pemimpin yang sebenarnya. Ini adalah tipe pekerja seratus persen. Tidak punya bakat dan kemampuan untuk jadi pemimpin sejati. Apalagi diikuti sikap yang sering keanak-anakan. Mudah tersinggung dan sensitif. Selalu berpikiran negatif dan mengganggap orang yang membantu melancarkan kerjanya, seolah-olah akan menyerobot posisi dan tugasnya. ðŸ˜ƒ. Capek deh...! 

Banyak lagi tipe-tipe pemimpin yang saya jumpai. Ramai yang bisa dicontoh. Ramai juga yang tidak layak dicontoh, tapi tetap bisa dijadikan pelajaran. Dijadikan pelajaran untuk menjadi "platform" pemimpin yang diingini dan disukai.

Dari apa yang saya pernah dapat teorinya, seorang pemimpin itu harus pandai membagi tugas dengan bawahannya. Tugasnya hanyalah mengkoordinir kerja-kerja yang perlu disiapkan. Namun demikian bukan berarti seorang pemimpin hanya duduk-duduk ongkang kaki saja. Seharusnya dia juga tahu kerja-kerja yang perlu dibuat, meskipun dia tidak serta dalam kerja kasarnya. Pemimpin harus berjiwa besar. Berprilaku tenang, tapi tidak menghanyutkan. Mempunyai tutur kata yang sopan dan terjaga. Mulutnya bukan seperti "longkang". Busuk setiap kita mendekatinya. Dan, yang paling utama bagi seorang pemimpin adalah harus mempunyai tanggung jawab yang besar. Terutama kepada Dia. 

Sudah bersediakah kita jadi pemimpin? 

Comments

  1. Bagus...bagus...bagus....(* saran hihihi ...* capek deh...mungkin bisa diganti dg kalimat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SUNGAI CHINCHIN, KAMPUNG DI PINGGIR BANDAR

INFINITY

FENOMENA BEBEK SINJAY: Bangkalan vs Pandan Indah