TELEKUNG YANG BERGANTI

Setiap memasuki surau di stesen minyak Petronas, sebuah poster yang menggambarkan seseorang yang memakai telekung putih, berbordir cantik dan rapi itu, akan menjadi fokus pandangan. Tulisan "KEBERSIHAN Adalah Sebahagian daripada Iman", menancap kuat di pikiran. Tulisan di bawahnya lebih mempesona. TELEKUNG KAMI DITUKAR SETIAP HARI, UNTUK KESELESAAN ANDA. 

Image may contain: one or more people and text
Poster yang selalu ada di surau-surau Petronas

Poster demikian hampir ada di seluruh stesen minyak (SPBU) Petronas. Iya, di sini, semua stesen minyak kelolaan siapa saja, pasti akan menyiapkan satu ruangan khusus untuk salat. Biasanya terpisah ruangannya untuk lelaki dan perempuan. Di surau perempuan, beberapa telekung disediakan untuk kemudahan pelanggan, yang ingin menunaikan salat. Jarang sekali dijumpai semua fasilitas tersebut tidak tersedia. Di stesen minyak Petronas, di samping poster seperti foto pengiring tulisan ini, biasanya akan ada juga satu poster kecil yang menunjukkan warna-warna telekung yang akan digunakan pada hari tertentu. Misalnya abu-abu pada hari Senin, merah jambu pada hari Selasa dan seterusnya. Informasi itu diberikan kepada pelanggan sebagai bukti bahwa telekung mereka memang diganti setiap hari. Jadi, pelanggan bisa melaporkan kepada pengurus stesen, jika mendapati telekung yang tidak sesuai warnanya dengan kode yang telah diberikan, sebagai bukti telekung tidak ditukar.

Melakukan perjalanan di wilayah Malaysia memang sangat mudah. Di samping fasilitas pengangkutan awam yang tersedia cukup dan memuaskan, sarana jalan rayanya pun pantas dipuji. Selain itu semua, fasilitas pengiring seperti toilet dan surau untuk salat, tersedia hampir di semua tempat-tempat umum dengan kondisi yang cukup baik dan nyaman. Motto kebersihan adalah sebagian dari iman, benar-benar diterapkan dengan baik dan sempurna. Berjalan di sini, tidak perlu berat membawa telekung ke mana-mana. Tiba saja waktu salat, kita bisa langsung singgah di mana ada surau, dan biasanya telekung akan tersedia dalam jumlah yang cukup dan bersih. Walaupun tidak semua tempat melakukan seperti apa yang dilakukan oleh stesen minyak Petronas itu, tapi kebersihan tetap menjadi prioritas utama. 

Satu tempat lagi yang melakukan penukaran telekung setiap hari adalah surau di Menara Berkembar KLCC. Setiap berkesempatan melakukan salat di sana, jamaah selalu penuh. Sehari ada empat waktu salat diadakan di surau tersebut. Bisa dibayangkan berapa puluh atau bahkan ratusan kali, mungkin juga ribuan kali, orang bertukar ganti telekung di surau tersebut dalam sehari. Jadi, sudah semestinya mereka perlu menggantikan telekung-telekung tersebut setiap hari. Seorang petugas kebersihan di dalam surau akan memastikan semua telekung tersebut memang diganti setiap hari. Petugas juga akan menyusun dengan rapi semua telekung-telekung yang sudah digunakan, sehingga pengguna akan merasa nyaman melakukan salat di tempat tersebut.

Kesadaran untuk mementingkan kebersihan dalam segala aspek, sudah menjadi satu budaya di sini. Hanya ada beberapa tempat umum saja, di luar Kuala Lumpur, yang pernah saya jumpai, tidak terlalu mementingkan kebersihan. Tapi, secara garis besar, masyarakat di sini sudah sangat terbiasa mementingkan kebersihan, di mana pun mereka berada. Tidak heran jika kita melihat kamar mandi umum yang cukup bersih dan nyaman, ada di mana-mana saja. Mudah-mudahan kita juga bisa mencapai tahap tersebut satu hari nanti. 

Comments

Popular posts from this blog

SUNGAI CHINCHIN, KAMPUNG DI PINGGIR BANDAR

INFINITY

FENOMENA BEBEK SINJAY: Bangkalan vs Pandan Indah